Selasa, 17 Mei 2016

CARA MENGATASI KACER MBAGONG ATAU MBALON

permasalahan kacer mbagong atau mbalon sangat sering terjadi dan sangat sulit untuk di hilangkan karena sudah bawaan alam atau bawaan lahir dari burung tersebut , berikut beberapa hal yang membuat burung kacer mbagong atau mbalon :
1. burung kacer mbagong atau mbalon karena over birahi
       burung kacer sangat rentan terhadap over birahi dikarenakan burung kacer sangat mudah untuk birahi ,menurut pengalaman saya burung kacer birahi bisa dikarenakan terlalu sering mandi ,terlalu sering melihat burung fighter lainnya, dan terlalu banyak EF (Extra Fooding) jangkrik,ulat, kroto dll.
oleh karena itu saya akan memberitahu atau menshare cara mengatasinya menurut pengalaman pribadi saya . 
pertama jika burung over birahi dikarenakan terlalu banyak mandi , usahakan jangan dimandikan selama 1-2 minggu dan burung full krodong, hal itu akan membuat burung kacer bisa stabil birahinya.
kedua jika burung kacer terlalu sering melihat burung fighter lainnya, usahakan burung kacer dikarantina atau di taruh dirumah atau tempat yang sepi jauh dari burung lainnya , dan menurut pengalaman saya jangan sampai melihat burung murai karena bila burung kacer melihat burung murai maka birahi kacer secara spontan akan naik drastis , mungkin burung kacer akan bunyi terus menerus tetapin setelah di gantangkan burung kacer akan mbagong atau mbalon tanpa bunyi sedikitpun.
ketiga jika burung kacer terlalu banyak EF, usahakan rawatlah seperti anda merawat burung yang lagi mbodol,ambrol atau mabung .hal itu bisa membuat burung kacer lebih tenang dan EF bisa di stabilkan .

2. burung kacer mbagong atau mbalon dikarenakan down birahi atau kurang birahi 
       menurut pengalaman saya burung mbagong atau mbalon bisa terjadi karena burung kacer kurang birahi , cara mengatasinya adalah dengan menaruh burung kacer agak dekat dengan burung murai agar mental dan birahinya bisa naik , tetapi jangan lama-lama karena bisa membuat mental kacer down.

3. burung kacer mbagong atau mbalon karena kalah mental , ciri-ciri burung kacer yang kalah mental adalah burung kacer saat di gantangkan akan langsung diam atau langsung mbagong bila mendengar burung kacer lainnya yang bersuara lebih keras atau umurnya lebih tua dari burung kacer anda . cara mengatasinya adalah dengan menenangkan burung kacer yaitu menaruh burung kacer ditempat yang tenang dan jauh dari burung lainnya. sesekali didekatkan dengan burung fighter untuk melihat perkembanggannya.

demikian tips yang bisa saya berikan semoga bermanfaat bagi burung anda ^-^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar